Tips Mengirim Surat Lamaran Via Email


Dizaman sekarang yang serba online ini,segalanya sudah lebih instant dan praktis,termasuk dalam dunia melamar kerja, baik itu para pelamar kerja ataupun perusahaan mulai beralih menggunakan metode online,karena disamping lebih praktis,tentu dengan menggunakan metode ini, biaya yang dikeluarkan khusus nya para pelamar kerja saat mengirim lamaran pun akan jauh lebih hemat, kalian tidak perlu nulis,copy print berkali-kali ataupun beli surat riwayat hidup dan map yang memang menggunakan biaya yang tidak sedikit, disamping itu HRD akan lebih mudah untuk menyortir setiap ribuan surat lamaran yang dikirim ke perusahaan. lamaran CV para pelamar kerja bisa diakses oleh HRD dimanapun kapanpun, tanpa perlu membuat penuh seisi ruangan HRD dengan surat lamaran kerja para pelamar.

Disamping itu sekarang orang-orang lebih dominan menggunakan HP Smartphone dari pada komputer. maka dari itu, ditutorial ini akan saya jelaskan juga cara Mengirim cv lewat email khusus untuk pengguna HP smartphone android. Sebenarnya mengirim lamaran lewat email dengan Komputer pun sama saja hanya tampilannya saja yang berbeda.

Jadi silahkan disimak baik-baik tips cara mengirim lamaran cv lewat email dibawah ini :

Tips Mengirim Lamaran CV Lewat Email Yang baik dan benar




Keterangan di gambar:
1. alamat email yang dituju
isi alamat email yang dituju untuk mengirim surat lamaran
2. subject 
subject untuk melamar kerja itu biasanya ditulis
contoh: surat lamaran kerja posisi .......
ataupun anda bisa langsung mencantumkan posisi tanpa seperti di atas)
3. isi/ketik lamaran anda seperti gambar di atas, atau bisa dengan kata kata lain.
4. Lampiran
Ini yang paling penting, dalam hal melamar kerja melalui email harus melampirkan berkas seperti CV (daftar riwayat hidup), foto dan berkas pendukung lainnya, dalam bentuk Word,PDF atau yang lainnya (saya sarankan untuk menggunakan format PDF, Karena lebih efisien.
5. periksa lebih teliti surat lanaran anda, setelah itu pilih kirim.


Berikut adalah contoh lamaran CV yang dikirim menggunakan email, silahkan disimak penjelasannya satu-satu , saya jelaskan dibawah dari nomer pertama alamat email sampai nomer terakhir lampiran. kalian juga bisa tap gambar untuk memperbesar.

1. Gunakan Email Profesional 

Email profesional merupakan email pribadi atau email utama yang sering kalian pakai baik itu untuk mendaftar akun sosial,keperluan bisnis ataupun lainnya, email ini juga merupakan email yang selalu kalian akses update-an inbox nya setiap waktu baik itu di komputer ataupun di HP android kalian.

Saya sarankan saat pertama kali membuat email, diusahakan untuk email utama ini menggunakan nama asli kalian seperti yang sudah pernah saya bahas dipostingan sebelumnya. disamping itu,email yang menggunakan nama asli akan lebih memperkuat kepercayaan HRD kepada si pelamar.dan akhirnya akan memperbesar peluang kalian untuk lebih mudah diterima kerja.



2. Menggunakan Subject dan Judul Email yang Tepat

Hal pertama yang akan dilihat oleh HRD di inbox mereka ialah judul atau subject email. Ketika mengirim email, pastikan kalian mengisi judul sesuai dengan perihal email kalian dikirim. banyak para pelamar diluaran sana yang tidak terlalu memperdulikan hal ini, sehingga HRD pun akan mengabaikan email tersebut karena maksud dan tujuan nya tidak jelas. gunakan judul yang ringkas dan jelas. Format Judul untuk mengirim surat lamaran lewat email secara umum biasanya :

Melamar Pekerjaan [jabatan yang dilamar] - Nama sipelamar  

Contoh : Melamar Pekerjaan [Customer Service] - Ahmad Faturrahman

Di info lowongan kerja yang kalian dapatkan, biasanya selalu disertakan kode jabatan yang hendak kalian lamar untuk dicantumkan dijudul email yang hendak kalian kirim (misalnya : RCV ,ADM , CS , SM) . kalian tinggal ikuti saja, karena ini untuk mempermudah HRD dalam menyortir surat lamaran berdasarkan jabatan yang dilamar.

Dengan menggunakan judul subjek yang tepat ringkas dan jelas, tentu akan memperbesar peluang kalian untuk mudah diterima kerja di perusahaan.



3. Body Email Singkat Padat dan Jelas

Untuk mengirim lamaran lewat email, saya sarankan kalian mengisi body email ini sesuai dengan standar surat lamaran kaidah EYD (lihat contoh gambar diatas), kebanyakan para pelamar diluar sana tidak mengisi apapun di body email ini hanya attachment saja, hal itu merupakan kesalahan fatal.karena body email ini yang menjadi inti point email lamaran kalian.


4. Attachment Berukuran Kecil dengan Format File Yang Benar

Untuk attachment sangat disarankan kalian tidak mengirim file lebih dari 2MB saat mengirim email ke sebuah perusahaan,karena perusahaan biasanya memiliki Spam Filter yang akan menolak email masuk yang memiliki attachment lebih dari 2MB, jadi jangan heran saat kalian mengirim CV lamaran ke sebuah perushaan,dan memiliki attachment file lebih dari 2MB, kalian akan mendapat balasan balik dari system bahwa email kalian gagal dikirim karena full ataupun pemberitahuan lain nya.

Di info loker yang kalian dapatkan,biasanya dicantumkan berkas apa saja yang harus dikirim sebagai persyaratan melamar pekerjaan. misalnya scan KTP ,scan Riwayat Hidup, scan SKCK, ataupun lainnya,kalian tinggal ikuti saja persyaratan yang diminta tidak perlu mengirimkan file yang lain(piagam penghargaan misalnya), untuk proses scan ini kalian bisa menggunakan jasa fotocopy yang memiliki mesin scanner untuk scanning semua berkas yang menjadi persyaratan (tenang saja ukuran setiap file dari hasil scan biasanya tidak lebih dari 60kb ) jadi kalian bisa kirim surat lamaran kalian tanpa gagal dan ditolak oleh system.



Perusahaan sekarang,biasanya hanya meminta mengirim CV saja lewat email karena ukurannya kecil, dan saat proses interview tiba,baru perusahaan akan meminta semua kelengkapan fisik berkas berikut KTP , SKCK, Riwayat Hidup dan lainnya. disinilah fungsinya CV yang membedakan dengan surat riwayat hidup.




contoh surat lamaran melalui email

Cinta Manis, 03 November 2017


Kepada Yth
Bapak/ibu pimpin

The Zuri Hotel PalembangDi Palembang


Perihal        : Melamar Pekerjaan
Lampiran     : - 

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari website jobhunterplg, bahwa The Zuri Hotel Palembang membutuhkan beberapa posisi karyawan
Maka yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama                             : BLAbla bla bla
Tempat Tanggal Lahir    : jawa, 00 Desember 1000
Pendidikan Terakhir       : SMK/SLTA
Jenis Kelamin                : Laki-Laki
Alamat                           : Alamat lengkap kalian
No. HP                           : 082282222222

Dengan ini saya mengajukan permohonan kerja dengan posisi 
Waiter di The Zuri Hotel PalembangBersama ini saya lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam bentuk attachment

Bila dikehendaki, saya memenuhi panggilan Bapak/ibu untuk di tes dan diwawancarai. Atas perhatian bapak/ibu, saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat saya





Ahmad blalala
This is the most recent post.
Posting Lama

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.