Cara Menjalankan / Membuka File exe di Android

Apa sih yang tidak bisa dilakukan Android, bahkan untuk menjalankan aplikasi windows exe (executable) juga ternyata bisa. Ya meskipun sistem android berbasis dan menggunakan kernel linux, tapi banyak pula developer yang mengembangkan emulator exe sehingga bisa dibuka pada android. Hanya saja tetap perlu Anda ketahui, tidak semua file exe bisa dibuka pada android. Hanya jenis file exe tertentu yang bisa dijalankan dalam android.
Secara umum jenis file .exe bisa digolongkan pada 2 macam:
*.File exe yang membutuhkan file lain sebagai database dan komponen penunjang aplikasi tersebut. Misalnya file library (.lib .tlb), file dll dan file lainnya.
*.File Exe yang berdiri sendiri tanpa membutuhkan data lain. Biasanya seperti aplikasi game portable, ebook, dan lain-lain.
Jenis file exe yang paling memungkinkan untuk dijalankan pada Android adalah jenis kedua. Adapun untuk membuka ataumenjalankan file exe pada android, setidaknya saya menemukan 3 cara yang bisa dilakukan.

1). Membuka File exe di Android pakai Inno Setup Extractor
Cara pertama membuka file exe di android ini adalah yang paling mudah. Silahkan download Inno Setup Extractordan install pada ponsel android Anda. Simpan file exe pada ponsel dan buka dari buka dari file manager, jika ada opsi membuka filenya pilih aplikasi Inno Setup Extractor ini. Nantinya aplikasi ini akan secara otomatis mengesktrak file exe tersebut.

2). Menjalankan File exe di Android dengan Dos BoxDos Box adalah aplikasi yang menyediakan command line pada android seperti halnyacommand prompt (CMD) pada windows. Adabanyak pula aplikasi android yang menyediakan fitur ini tapi saya sarankan DOS BOX. Adapun berikut cara memakainya untuk menjalankan file exe di android:
  1. Download Dos Boxdan install.
  2. Simpan file exe, kalau bisa di folder root saja dan ganti nama foldernya agar mudahdiingat misalnya “windroid”.
  3. Jalankan aplikasi dos box kemudian ketikcd\windroid”pada command line lalu tekan enter.
  4. Sekarang sudah masuk di dalam folder windroid, tinggal ketik nama file exe-nya saja tanpa ekstensi.exe.
  5. Jika file exenya memang compatible maka Anda bisa menjalankannya dalam android, bermain game file exe di android dan lainnya.
  6. Membuka File exe di Android dengan ZArchiver. 
3). Dengan menggunakan aplikasi ZArchiver.
Cara pakainya sangat mudah dan bisa Anda lakukan hampir sama seperti pada cara pertama. Hanya saja aplikasinya saja yang berbeda. Silahkan cari aplikasi ZArchiver dari playstore dan pasang pada Android Anda. Adapun jika sebaliknya Anda inginmenjalankan aplikasi android (apk) pada windows anda bisa mencoba 7 Software MenjalankanAplikasi Android di PC.

Demikian, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.Terima Kasih atas pengertian Anda untuk tidak Copy Paste tanpa izin dan menghindari praktek Plagiasi.

Posting Komentar

[blogger]

Author Name

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.